Manajemen Sumberdaya Manusia

Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia menunjukkan daya yang bersumber dari manusia dan akan memberi daya terhadap sumber-sumber lain untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Daya dalam hal ini berkaitan dengan “daya” yang bersumber dari manusia,berupa tenaga dan energi yang ada pada manusia itu sendiri. Sumber daya manusia menurut Nawawi (Sedarmayanti, 2007:287) adalah :
a. Sumber daya manusia adalah manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi (personil, tenaga kerja, pekerja atau karyawan).
b. Sumber daya manusia adalah potensi manusia sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensinya.
c. Sumber daya manusia adalah potensi yang merupakan asset dan berfungsi sebagai modal (non material/non finansial) di dalam organisasi bisnis yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi
Ditinjau dari sudut organisasi, manusia adalah sumber daya yang dinamis, bukan sumber daya yang statis seperti haInya tanah, modal, teknologi, dan uang, sebab manusia yang mengendalikan hal itu semua, manusia menjadi salah satu sumber keunggulan bersaing dan sumber keunggulan bersaing, bagi sebuah organisasi sumber daya manusia mempunyai nilai yang sangat strategis bagi sebuah organisasi, karena jalannya sebuah organisasi ditentukan oleh sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Seperti yang dikutip oleh Nimran (http://tesis-skripsi.blogspot.com/2008/05) “Assets make thing possible, people make thing happen” memang benar oranglah yang membuat barang-barang dan jasa yang bernilai bagi suatu bangsa dan hasil-hasil yang bernilai itulah yang menentukan kesejahteraan dan taraf hidup suatu masyarakat.
Kualitas sumber daya manusia ini pada dasarnya menyangkut aspek fisik dan non fisik yang menyangkut kemampuan bekerja, berfikir, dan keterampilan-keterampilan lain. Peningkatan kualitas fisik dapat dilakukan dengan program kesehatan dan gizi, sedangkan untuk peningkatan kualitas non fisik dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan
Berbicara tentang sumber daya manusia, menurut Nimran (http://tesis-skripsi.blogspot.com/2008/05) tidak lepas dari manajemen sumber daya manusia itu sendiri, manajemen sumber daya manusia merupakan aktivitas-aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan agar sumber daya manusia di dalam suatu organisasi dapat digunakan untuk mencapai tujuan. Dari seluruh sumber daya yang tersedia, sumber daya manusia memiliki akal, perasaan, keinginan, ketrampilan, daya dan kerja. Majunya teknologi berkembangnya informasi tersedianya modal dan bahan akan sulit bagi organisasi untuk mencapai tujuanya bila sumber daya manusia tidak diperhatikan atau di telantarkan.
Tujuan adanya manajemen sumber daya manusia ini adalah untuk meningkatkan kinerja dari sumber daya manusia yang ada dalam organisasi

Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia diperlukan adanya pengembangan terhadap sumber daya manusia itu sendiri. Pengembangan sumber daya manusia adalah suatu proses peningkatan kualitas atau kemampuan manusia dalam rangka mencapai tujuan pembangunan bangsa (Soekidjo Notoatmodjo, 2003:3). Pengembangan ini dimulai dengan adanya perencanaan pendidikan dan pelatihan serta pembinaan.
Manusia pada hakekatnya adalah makhluk sosial yang secara naluri selalu ingin hidup berkelompok, hal ini diwujudkan dengan adanya organisasi-organisasi, lembaga-lembaga sosial atau masyarakat. Menurut Abraham Maslow (Soekidjo Notoatmodjo, 2003:5-9) manusia sebagai makhuk individu dan sosial mempunyai berbagai macam kebutuhan baik material maupun non material, menurut Maslow manusia itu mempunyai 5 macam kebutuhan :
a. Kebutuhan Fisiologis
b. Kebutuhan akan Jaminan Keamanan
c. Kebutuhan yang bersifat sosial
d. Kebutuhan akan pengakuan atau penghargaan
e. Kebutuhan akan mengembangkan diri
Pengembangan sumber daya manusia ditujukan untuk mewujudkan manusia pembangunan yang berbudi luhur, tangguh, cerdas dan terampil, mandiri dan memiliki rasa kesetiakawanan, bekerja keras, produktif, kreatif dan inovatif, berdisiplin dan berorientasi ke masa depan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik (Tjiptoherijanto dan Abidin 1993 : 41).
Perkembangan yang terjadi secara nasional dan global memberikan pengaruh terhadap manajemen pemerintahan dan juga sistem kelembagaan Negara Indonesia, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap Sumber Daya Manusia dalam penyelenggaraan pemerintahan dan juga dalam proses pembangunan bangsa untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik.
Pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan melalui pembinaan, pendidikan dan pelatihan. Kegiatan ini pada akhirnya akan bermuara pada pemberdayaan terhadap sumber daya manusia. Pembinaan, pendidikan dan pelatihan yang dilakukan terhadap sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan pegawai, tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk melakukan pekerjaan pada masa yang akan datang.
Alasan pentingnya pembinaan, pendidikan dan pelatihan terhadap sumber daya manusia (Mariot, 2005:169) adalah :
a. Pegawai yang baru direkrut sering kali belum memahami secara benar dalam melakukan pekerjaan
b. Adanya perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan kerja dan tenaga kerja. Contohnya perubahan teknologi.
c. Meningkatkan daya saing dan memperbaiki produktivitas
d. Menyesuaikan dengan peraturan-peraturan yang ada
Langkah-langkah dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pelatihan terhadap sumber daya manusia ini menurut Mariot (2005:174) agar dapat terlaksana dengan efektif adalah :
a. Menganalisis kebutuhan organisasi, kebutuhan tugas dan kebutuhan pegawai.
b. Menentukan sasaran dan materi program pelatihan
c. Menentukan metode dan prinsip yang digunakan
d. Mengevaluasi program pelatihan.
Keempat langkah tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s