Defenisi Pemberdayaan Masyarakat

Definisi Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat mengandung pengertian yaitu sebagai proses pembelajaran partisipatif baik secara individu maupun kelompok guna menggerakkan, dan mengembangkan daya serta meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat , untuk berbuat bagi dirinya sendiri secara swadaya . Yang mencakup upaya peningkatan kondisi sosial, ekonomi maupun kualitas hidup masyarakat .

Bahwa pemberdayaan masyarakat dilaksanakan melalui program-program dan kegiatan konkrit yang bertumpu pada potensi lokal/daerah, budaya dan tingkat pengetahuan masyarakat serta memperhatikan kompleksitas permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat . Sehingga program pemberdayaan masyarakat tersebut tepat sasaran, berdayaguna dan berhasilguna .

Oleh karena itu hendaknya program pemberdayaan masyarakat bukanlah semata-mata konsep kebijakan (top down conceptual) yang harus dilaksanakan dan dipaksakan kepada masyarakat, tetapi haruslah bermuara kepada kepentingan/ kebutuhan dan aspirasi masyarakat itu sendiri (bottom up aspirative) . Walau kenyataan yang terjadi dalam penyelenggaraan pembangunan yang semata-mata pelaksanaan konsep hampir tanpa memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat .

Maka agar program pemberdayaan masyarakat dapat berjalan sesuai dengan mekanisme dan sasaran yang ingin dicapai yaitu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sangat diperlukan peran stake holders, lembaga kemasyarakatan dan institusi pendidikan melalui program terpadu, terencana dan berkelanjutan .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s